Mau dapat uang silakan klik link ini

Jumat, 01 Oktober 2010

11 Lakkhana Jathaka

Lakkhana Jathaka



Di kota Rajagaha di kerajaan Magadha ada seorang raja memerintah Magadha ,  Bodhisatta lahir kembali sebagai seekor rusa. Ia tinggal di hutan sebagai pemimpin dari ribuan rusa. Dia memiliki dua anak yang bernama Leader dan Blackie. Ketika ia menjadi tua, ia menyerahkan tanggung jawabnya kepada kedua putranya, menempatkan lima ratus rusa di bawah asuhan masing-masing. Dan sekarang kedua rusa muda itu bertanggung jawab ataskelompok rusa-rusa tersebut.

Pada waktu musim panen di Magadha itu merupakan waktu yang berbahaya bagi para rusa. Karena para petani memasang jebakan yang tertutup oleh rumput-rumputan, dan juga memanah rusa rusa tersebut sehingga banyak rusa yang terperangkap dan mati.

Ketika Sang Pemimpin rusa yang sudah tua mengetahui bahwa saat ini adalah saat musim panen ia memanggil kedua putranya untuk membawa kelompok mereka mengungsi ke tempat yang aman sampai musim panen berlalu barulah mereka kembali lagi ke tempat asal mereka. Sedangkan pemimpin rusa tidak ikut mengungsi ia berjaga di tempat lama. Sang pemimpin rusa memerintahkan anaknya untuk melalui perjalan di bukit dan bersembunyi di hutan.

Kedua Anak rusa tersebut kemudian membawa kawanan rusa tersebut untuk mencari tempat yang lebih aman.  Blackie membawa kelompoknya pindah pada pagi hari dan kemudian para pemburu rusa mengetahui hal tersebut mereka memanah kawanan rusa tersebut sehingga kelompok rusa yang di pimpin oleh Blackie banyak yang mati . 


Tetapi tidak demikian dengan Leader, ia beristirahat pada pagi hingga sore hari dan melanjutkan perjalanan pada malam hari sehingga tidak ada seekor rusa pun yang mati. Ia tinggal di huntan yang baru hingga panen berlalu. Kemudian dia membawa kelompoknya untuk kembali lagi dan Ia tetap melakukan perjalan di malam hari. 
Pada saat kembali ke tempat asal mereka kelompok yang di pimpin oleh Leader tidak kekurangan satu rusa pun, tetapi kelompok yang di pimpin oleh Blackie banyak rusa yang mati di panah oleh pemburu. Pada saat itu Sang pemimpin rusa yang telah tua menyaksikan hal tersebut ia berkata "Hanya di bawah pimpinan Pemimpin yang bijaksanalah rakyatnya akan selamat sejahtera" kemudian raja mewariskan pimpinannya kepada Leader.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar